6 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan. Bisa Menggantikan Larutan Antiseptik

Daun Salam  |  TaniHub
source gambar : tanihub.com

Apakah kamu tahu kalau daun salam memiliki beragam manfaat untuk kesehatan? Biasanya daun salam digunakan sebagai bumbu penyedap dalam berbagai masakan.

Kamu bisa menggunakan daun salam ini secara langsung, dikeringkan, ditumbuk, atau dikonsumsi secara utuh. Namun sayang, daun salam akan terasa sedikit pahit jika dimakan langsung. Terlepas dari itu, mari kita ketahui bersama manfaat daun salam untuk kesehatan.

Terdapat beberapa alasan mengapa manfaat daun salam bisa dirasakan untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat daun salam untuk kesehatan? Simak ulasan dibawah ini !

  • Mengobati Penyakit Diabetes

Daun salam dipercaya dapat mengobati diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian diseluruh penjuru dunia. Gejala yang dialami penderita diabetes antara lain sering merasa haus, ada luka yang sulit disembuhkan, hilang nafsu makan, dan sering buang air kecil dimalam hari.

Tingginya risiko terkena penyakit diabetes jika kamu memiliki keluarga yang mengalaminya juga. Jadi untuk mencegahnya, jangan lupa untuk selalu menambahkan daun salam kedalam masakan kamu sehari – hari.

  • Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain itu, daun salam pun bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada pasien dengan diabetes tipe 2. Cara lain untuk mengontrol kadar kolesterol adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi antara lain brokoli, makanan laut, okra, avokad, dan buah berry.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain itu, manfaat daun salam lain untuk kesehatan yaitu bisa mempercepat penyembuhan luka. Ini juga berlaku untuk luka setelah operasi. Melalui sebuah jurnal dengan judul Anti-Inflammatory Potential of Native Australian Herbs Polyphenols menerangkan bahwa daun salam bisa menghambat aktivitas enzim COX-21. Artinya, ini bisa mempercepat penyembuhan luka dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal termasuk organ tubuh penting yang perlu dijaga. Seperti yang diketahui, manfaat daun salam ini juga cukup baik untuk kesehatan ginjal. Jika ingin merasakan manfaat ini, cobalah minum air rebusan daun salam.

Caranya mudah, cukup merebus air lalu tambahkan beberapa lembar daun salam kedalamnya. Kamu bisa minum air rebusan daun salam secara rutin.

  • Melegakan Pernapasan

Sistem pernapasan dan kulit merupakan bagian tubuh yang paling utama atau sering terkena infeksi jamur. Karena itu, manfaat daun salam ini bisa melancarkan saluran pernapasan.

Terdapat beberapa gejala dan tanda infeksi jamur yang bisa dipahami antara lain munculnya ruam, bintik kulit, luka yang melepuh atau bernanah, batuk, demam, sesak napas, penglihatan kabur, dan air mata berlebihan.

Risiko terjadinya infeksi jamur lebih tinggi pada seseorang yang lemah sistem kekebalan tubuhnya. Daun salam bisa membantu melawan infeksi jamur karena tumbuhan yang satu ini juga memiliki sifat antijamur, terutama terhadap infeksi Candida.

Seperti diketahui, ini bisa membantu mencegah pertumbuhan Candida ke dinding sel, dengan demikian menjaganya tidak dapat menembus ke organ dalam.

  • Alternatif Larutan Antiseptik

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu menjadi salah satu cara alami untuk menggantikan larutan antiseptik. Hal pertama yang perlu dilakukan jika terjadi luka adalah dengan membersihkan luka tersebut agar terhindar dari infeksi.

Cara membersihkan luka yang paling optimal adalah dengan menggunakan cairan antiseptik. Namun, jika tidak ada cairan antiseptik di rumah, kamu bisa membersihkan luka dengan air mengalir. Setelah itu, kamu bisa memanfaatkan daun salam untuk mengatasi luka tersebut.