Tips Mencicil Perlengkapan Bayi Bagi Keluarga Baru

Ada cukup banyak perlengkapan bayi yang harus disiapkan bagi calon orang tua baru. Oleh karena itu, ada baiknya keluarga baru mulai mencicil perlengkapan bayi dari awal agar tidak berat biayanya dibanding harus membeli banyak dalam waktu sekaligus.

Mencicil perlengkapan bayi saat ini malah bisa menggunakan aplikasi kredit dengan cicilan yang lebih ringan di berbagai marketplace. Sehingga, persiapan biaya persalinan bisa lebih maksimal.

Di bawah ini ada tips mencicil perlengkapan bayi untuk para calon orang tua baru:

1. Buat Daftar Perlengkapan Bayi, Ukutkan Berdasarkan Skala Prioritas

Pertama-tama kamu harus membuat daftar perlengkapan bayi terlebih dahulu. Kamu juga bisa memeriksa jenis kelamin calon anak saat melakukan pemeriksaan. Jadi, saat membeli perlengkapan bayi bisa disesuaikan warna serta kebutuhan sesuai dengan jenis kelaminnya.

Sebaiknya, kamu juga membuat daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli sesuai dengan skala prioritas atau barang yang paling dibutuhkan. Barang yang paling dibutuhkan saat baru melahirkan contohnya seperti pakaian, popok, alat mandi, pompa asi, sarung tangan dan kaos kaki.

Kamu bisa menunda pembelian barang seperti stroller, penghangat botol dan lainnya yang bisa ditunda penggunaannya. Dengan membuat daftar perlengkapan, kamu bisa menghindari pembelian barang yang tidak terlalu dibutuhkan terlalu dini.

2. Perhatikan Kualitas Barang

Calon orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, apalagi untuk anak pertama dalam keluarga. Jadi, kualitas perlengkapan bayi ini menjadi hal yang harus diperhatikan. Jangan hanya memperhatikan dari brand atau merek ternama saja.

Karena merek terkenal biasanya memiliki harga yang cukup mahal juga, tapi barang yang mahal belum tentu memiliki kualitas terbaik. Ada banyak brand lokal yang memiliki produk yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. 

Kualitas perlengkapan bayi bisa dilihat dari bahan produk, apakah aman untuk digunakan anak bayi serta memiliki sertifikasi untuk keamanan bahan. 

Terutama untuk pakaian, karena ada beberapa anak yang memiliki kulit sensitif, jadi harus menggunakan pakaian yang cocok. Kamu bisa membandingkan review beberapa merek produk untuk mencari yang terbaik.

3. Beli Pakaian Yang Lebih Besar

Salah satu tips saat kamu mulai mencicil perlengkapan bayi adalah beli pakaian yang lebih besar satu ukuran. Bagi calon orang tua baru, bisa membeli beberapa pakaian bayi yang baru lahir, tapi jangan beli terlalu banyak. 

Beli pakaian bayi yang baru lahir dengan warna yang umum, jadi bisa digunakan untuk perempuan atau laki-laki. Dan bagi calon orang tua pasti sering melihat baju yang lucu dan menarik untuk dibeli. Jika kamu sudah mencicil baju bayi, pastikan membeli baju yang lebih besar satu ukuran.

Hal ini dilakukan agar pakaian tersebut tetap bisa digunakan dalam jangka panjang. Karena pertumbuhan bayi itu cukup cepat, jadi tidak ada salahnya mempersiapkan pakaian yang lebih besar.

4. Selalu Pantau Diskon di Marketplace

Bagi seorang perempuan, mencari diskon merupakan hal yang menyenangkan. Jadi tidak akan sulit bagi calon ibu untuk membeli barang diskon. Bagi kamu pecinta belanja online, kamu bisa membeli saat e-commerce favoritmu memberikan diskon di hari-hari tertentu.

Bahkan ada beberapa e-commerce yang memberikan diskon satu hari khusus untuk produk tertentu. Contohnya produk perlengkapan bayi, pakaian pria, perlengkapan hewan dan lainnya. Jadi pastikan kamu membeli barang saat sedang ada diskon.

Selain itu kamu bisa mendapatkan keringanan mencicil dari beberapa fintech apikasi kredit. Contohnya seperti Kredivo yang sudah terdaftar dan memiliki izin operasional dari OJK.

Kredivo memberikan kemudahan cicilan nol persen untuk tenor 3 bulan. Sementara untuk tenor 6 dan 12 bulan, masih diberikan bunga rendah hanya 2,6% saja per bulan. Syarat pendaftaran juga mudah dan bisa diurus dengan cepat langsung cair.

Limit pinjaman yang diberikan Kredivo bisa mencapai Rp30 juta bagi member premium. Semua proses dilakukan secara online sehingga lebih aman, praktis dan memudahkan. Unduh saja aplikasi resminya di App Store maupun Google Play Store. Tersedia untuk Android maupun pengguna iOS.

5. Sewa Beberapa Perlengkapan Bayi

Uniknya lagi saat ini ada banyak jasa sewa perlengkapan bayi. Beberapa barang yang bisa disewa antara lain baby bouncer, car seat, highchair, baby walker, dan lainnya. Beberapa barang ini biasanya tidak akan dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu ada baiknya kamu gunakan jasa sewa perlengkapan bayi saja untuk sementara. Tapi, pastikan jasa yang kamu gunakan sudah terpercaya dan memiliki produk yang bersih dan terjamin. Kamu juga bisa sih mempertimbangkan barang-barang preloved, sehingga bujet perlengkapan bayi bisa ditekan.

Tips mencicil perlengkapan bayi bagi keluarga baru ini bisa kamu terapkan sambil memperhitungkan anggaran biaya yang akan digunakan. Karena biaya untuk mengurus anak itu cukup besar, jadi tidak ada salahnya kamu mencicil dan memilih perlengkapan bayi yang paling tepat.