4 Jenis Pipa

Pipa PVC Rucika Wavin - Pasti Group - Distributor Pipa PVC di Indonesia

Pipa air merupakan salah satu elemen yang digunakan untuk menyalurkan air dari sumber air ke bagian-bagian rumah yang membutuhkan air. Jika dilihat dari segi fungsinya, pipa saluran air berfungsi bukan hanya untuk menyalurkan air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, melainkan juga berfungsi untuk menyalurkan air kotor atau limbah ke tempat pembuangan. 

Ada beberapa jenis pipa yang bisa digunakan untuk aliran air. Lalu apa saja pipa tersebut? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan selengkapnya. 

  1. Pipa Air HDPE

Pipa air HDPE merupakan produk pipa polietelina terbuat dari bahan termoplastik yang tidak mengandung zat berbahaya. Selain itu, kelebihan lainnya dari pipa air HDPE adalah lebih kuat, lentur, tidak mudah rusak, dan anti karat. 

Pipa HDPE sangat cocok digunakan sebagai saluran air bersih karena kelebihannya yang non-toxic dan mempunyai elastisitas tinggi. Selain itu, pipa jenis ini juga aman dan ideal untuk menyalurkan air konsumsi rumah tangga. Yang menariknya, usia penggunaan pipa ini llebih awet dan dan cukup panjang, yakni hingga jangka waktu 50 tahun. 

  1. Pipa AW

Pipa AW yang merupakan pipa saluran air yang terbuat dari bahan PVC. Pipa AW sangat ideal digunakan untuk saluran air yang membutuhkan tekanan tinggi. Adapun fungsi saluran air bertekanan tinggi adalah untuk mendistribusikan air ke bagian rumah lainnya. Sementara untuk membedakan jenis pipa AW dengan pipa PVC lainnya adalah adanya tanda strip biru pada pipa AW. 

  1. Pipa PVC

Pipa PVC adalah produk perpipaan yang paling poluler digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain itu, bahan untuk membuat produk pipa PVC ini sangat aman digunakan karena tidak menangandung timbal yang bisa mengakibatkan permasalahan kesehatan. 

Bukan hanya itu, penggunaan material uPVC membuat performa pipa PVC menjadi lebih tangguh dengan tingkat keretakan rendah. Sehingga pipa menjadi tidak mudah rusak dan lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Selain untuk pipa, bahan baku yang satu ini juga seringkali digunakan untuk kebutuhan lain. Seperti pakaian, kabel listrik dan kebutuhan rumah tangga lainnya. 

  1. Pipa PPR

Pipa PPR (polypropylene random) terbuat dari bahan plastik dari minyak bumi yang memiliki karakter unik. Pipa jenis yang identik dengan warna hijau ini memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi dan rendah serta tahan terhadap tekanan tinggi. Dengan begitu, pipa PP-R sangat ideal digunakan untuk mengalirkan air panas dan dingin bertekanan. 

Kelebihan lainnya dari pipa PPR adalah tahan terhadap kontaminasi bahan kimia, anti karat dan bebas bocor. Pipa jenis ini aman untuk mengalirkan air siap minum maupun irigasi. Selain itu, pipa ini juga biasanya digunakan sebagai pengganti pipa logam yang korosif. Pipa jenis ini bisa anda gunakan untuk sebagai saluran air panas ataupun dingin di kamar mandi maupun saluran air konsumsi.

Kini sudah banyak produk pipa PPR yang dijual di pasaran, salah satunya adalah Pipa PPR Rucika. Pipa PPR buatan lokal ini terbuat dari material Polypripylene Random Type- 3 yang tangguh dan mampu menahan aliran air hingga suhu 95 derajat celcius. Prouk ini diproduksi berdasarkan standar DIN Jerman dan sudah bersertifikat Food Grade yang tersedia dari diameter 20mm hingga 160mm. Untuk mendapatkan pipa berkualitas, anda bisa membelinya di Omah Pipa. Yang mana, Omah Pipa ini merupakan distributor pipa dan fitting dengan kualitas serta pelayanan terbaik. Omah Pipa menawarkan semua jenis pipa rucika dari tipe biasa hingga ternama.