Beberapa Informasi Mengenai Piala Menpora

Pembukaan Piala Menpora 2021 Bakal Digelar Sederhana

Seperti kita ketahui kalau beberapa pertandingan sepak bola baik liga 1 dan liga lainnya terhambat karena adanya pandemi Corona. Akan tetapi nampaknya piala Menpora ini akan menjadi salah satu liga pertama yang akan muncul setelah vakum akibat dari pandemi virus Corona ini. Akan tetapi nampaknya ada banyak orang yang merasa kurangnya informasi mengenai liga ini, dan ada banyak informasi yang harus kita ketahui. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa informasi berhubungan dengan liga dari Menpora ini.

Fakta Dari Liga Menpora

Ada beberapa fakta yang mungkin harus kita ketahui bersama mengenai liga menpora yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Dengan mengetahui beberapa informasi tersebut, kami rasa akan lebih mudah untuk mengetahui liga tersebut seperti apa. Mungkin bahkan bagi para penggemar sepak bola di Indonesia sendiri pun tidak memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai liga tersebut. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa fakta penting dari liga ini yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang lain.

  1. Liga ini sebenarnya dijadikan salah satu masa percobaan untuk menerapkan protokol kesehatan pada sebuah pertandingan sepak bola. Dengan pertandingan liga ini diharapkan akan mengetahui apa kendala untuk mematuhi protokol kesehatan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Dan ini dilakukan sebagai sebuah persiapan untuk datangnya liga 1 yang menjadi liga tingkat tertinggi di Indonesia. Sehingga diharapkan dengan melakukan uji coba ini nantinya liga 1 akan bisa dijalankan dengan lancar dan aman dari penyebaran virus Corona.
  2. Peserta dari liga ini adalah 18, ini adalah rencana awal ketika dibuat liga Menpora tersebut, akan tetapi kenyataannya tidak. Karena pada 2 minggu sebelum liga dimulai, nampaknya Persipura memutuskan untuk mengundurkan diri dari liga ini. Dengan begitu total peserta untuk liga Menpora ini adalah 17 tim saja dan tetapi dibagi menjadi 4 grup dalam turnamen ini. Bahkan rencana ada 2 tim dari liga 2 yang diundang, akan tetapi LIB memutuskan untuk membatalkannya.
  3. Kompetisi sepak bola Menpora ini akan diadakan di 4 stadion, jadi tidak hanya pada satu stadion saja ya. Jadi kompetisi ini akan diadakan di salah satunya adalah stadion Manahan yang ada di Surakarta dengan kapasitas 20 ribu. Lalu stadion yang kedua adalah di stadion Kanjuruhan yang ada di Malang dengan kapasitas 42 ribuan lebih orang. Lalu ada di stadion Si Jalak Harupat yang ada di kota Bandung yang memiliki kapasitas 27 ribu orang. Terakhir di stadion Maguwoharjo yang ada di kota Sleman.
  4. Peraturan yang dibuat di kompetisi ini sebenarnya didasarkan pada protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Jadi ada pembatasan seperti jumlah pemain yang boleh berada di stadion dan juga yang ada di bangku cadangan. Selain itu juga ada pembatasan untuk ofisial dan juga orang tambahan yang ada di bangku cadangan setiap tim. Ini terlihat jelas kalau memang kompetisi ini sebagai ajang uji coba untuk menerapkan protokol kesehatan di dalam pertandingan sepak bola.

Kompetisi menpora sudah dilakukan dengan baik dan lancar, dan sudah menghasilkan pemenang yakni adalah tim Persija. Persija menang secara agregat yakni 4 melawan 1, di mana lawannya di final itu adalah Persib. Pertandingan diadakan 2 kali di stadion Sleman dan di Surakarta. Itulah beberapa informasi mengenai kompetisi Menpora.