Perbedaan Bunga Kredivo vs Pinjam Modal buat Usaha

Kalau kamu mencari kredit online cicilan bulanan, pastikan ada aplikasinya bertengger di Google Play Store atau App Store. Alasannya cukup sederhana kok. Semakin banyak exposurenya, maka aplikasi tersebut akan makin dikenal oleh masyarakat.

Ada dua rekomendasi aplikasi yang cukup dikenal masyarakat yaitu Kredivo dan Pinjam Modal. Saat ini di Google Play Store saja, Kredivo sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Sedangkan Pinjam Modal sudah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna. Artinya kedua aplikasi ini termasuk yang sangat populer di Google Play Store.

Lalu apa saja bedanya? Yuk simak ulasan berikut ini supaya kamu bisa membandingkan keduanya secara langsung mulai dari bunga, tenor, hingga limit yang diberikan kepada para penggunanya.

Bunga Kredivo vs Pinjam Modal

Baik Kredivo maupun Pinjam Modal sudah terdaftar lewat OJK. Kredivo kini terdaftar sebagai multifinance, sementara Pinjam Modal terdaftar sebagai fintech di bawah multifinance PT BFI Finance Indonesia. Keduanya menawarkan pinjaman untuk usaha atau modal untuk usaha.

Namun sebagai gambaran, bunga pinjaman yang ditawarkan oleh Kredivo untuk pinjaman modal sebesar 2,6% ditambah dengan biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong dari jumlah pinjaman. Jadi, jika kamu pinjam modal Rp10 juta dari Kredivo selama 3 bulan, dana yang akan dicairkan sebesar Rp9.4 juta. Rp600 ribunya adalah potongan biaya administrasi. 

Sementara untuk Pinjam Modal tidak dikenai biaya admin, hanya akan dikenai bunga pinjaman sebesar 2,5% dengan catatan harus punya usaha online dengan platform Social Media, E-commerce, Grab Food, dan Go Food. Jadi, pinjaman yang diberikan benar-benar harus untuk penggunaan modal usaha disertai dengan bukti autentik.

Jika dibandingkan memang bunga yang ditawarkan tidak berbeda jauh, sangat tipis antara 2,6% dengan 2,5%. Untuk Pinjam Modal punya keunggulan dari segi bunga, tetapi untuk jangkauan masih lebih luas Kredivo. Alasannya karena Kredivo memberikan pinjaman untuk semua kalangan, tidak terbatas hanya bagi yang sudah punya usaha saja. Sehingga pengguna yang baru mau merintis usaha dan butuh modalnya, bisa mengandalkan Kredivo.  

Tenor dan limit pinjaman

Soal tenor, Kredivo memang memberikan perlakuan yang berbeda antara pinjaman tunai dan non pinjaman tunai. Untuk pinjaman tunai diberikan tenor 30 hari tanpa bunga atau 3 dan 6 bulan. Tenor tanpa bunga sama seperti paylater. Beli hari ini, bayar maksimal 30 hari kemudian tanpa dikenakan bunga sama sekali, tetapi limitnya terbatas.

Untuk limit paylater, maksimal yang diberikan oleh Kredivo hanya Rp3 juta. Itupun akan berbeda-beda setiap memberinya. Sementara untuk pinjaman tunai bagi member premium, diberikan plafon maksimal sampai dengan Rp30 juta. 

Untuk Pinjam Modal memberikan limit antara Rp1 juta – Rp10 juta. Tergantung dari hasil penilaian calon debiturnya. Jika secara kemampuan finansial layak, maka akan diberikan limit maksimal sampai dengan Rp10 juta. Untuk tenornya sendiri, Pinjam Modal memberikan keleluasaan lebih dengan pilihan tenor antara 3,6, sampai dengan 12 bulan. 

Dari perbandingan tersebut, Kredivo jauh lebih besar memberikan plafon pinjaman. Di sisi lain Pinjam Modal memberikan tenor kredit online cicilan bulanan lebih panjang. 

Proses pendaftaran Kredivo vs Pinjam Modal

Untuk mendaftar lewat Kredivo yang perlu dilakukan hanya mengunduh aplikasi resminya di App Store maupun Google Store. Kemudian setelah itu tinggal melakukan pendaftaran serta pengajuan pinjaman. Semua berjalan hanya lewat aplikasi saja.

Sama halnya dengan Pinjam Modal. Proses pendaftaran bisa dilakukan hanya lewat aplikasinya di Google Play Store. 

Syarat pendaftaran Kredivo vs Pinjam Modal

Untuk Kredivo layanan tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh WNI berusia 18 sampai dengan 60 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. Selain itu, punya penghasilan paling tidak Rp3 juta per bulan barulah bisa mendaftar menjadi member di Kredivo.

Syarat untuk Pinjam Modal berusia minimal 18 tahun dan maksimum 60 tahun serta sudah punya usaha minimal berjalan 6 bulan. 

Kesimpulannya, antara Kredivo dan Pinjam Modal cukup bersaing ketat. Namun demikian, Kredivo cukup diunggulkan karena bisa digunakan untuk berbagai layanan seperti belanja online di lebih dari 1000+ merchant offline dan online hingga transaksi yang sudah bisa dilakukan secara offline. Contoh kecil kamu sudah bisa drive thru ke McDonald bayar dengan paylater Kredivo. Praktis kan?