Kumpulan Doa Harian Untuk Anak – Anak

36 Doa Sehari hari Anak Muslim - YouTube

Islam adalah agama yang paling sempurna, karena dalam Islam bukan hanya mengurus tentang ibadah ritual saja, namun semua aspek kehidupan ini diatur oleh Islam, termasuk dalam mendidik anak.

Salah satu mendidik anak tentang agama adalah dengan mengajarkan beberapa doa harian yang bisa dipraktekkan sehari-hari. Maka dari itu, dalam Berita terkini kali ini akan memberikan kumpulan doa harian untuk anak sebagai berikut :

  • Doa Sebelum Tidur

Sebelum tidur hendaknya kita berdoa agar mendapatkan penjagaan dari Allah Subhana wa Ta’ala. Doa sebelum tidur ini merupakan doa harian yang lafaznya pendek, sehingga mudah dihafalkan.

Adapun lafaz doa sebelum tidur adalah sebagai berikut :

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Bangun Tidur

  • Doa Bangun Tidur

Sebagai bentuk rasa syukur setelah melakukan aktivitas tidur atas penjagaan Allah Subhana wa Ta’ala, maka hendaklah anda membaca doa bangun tidur sebagai berikut :“Alhamdillallahilladzi ahyanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.”

Artinya : “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kembali semua akan dihidupkan kembali.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

  • Doa Sebelum Membaca Al Quran

Perlu diketahui bahwa membaca Al Quran merupakan ibadah dan kelak Al Quran akan menjadi syafaat bagi orang yang membacanya. Adapun doa sebelum membaca Al Quran adalah sebagai berikut :

“Allahummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wadzakkrinii maa nasaytu yaa dzal jalali wal iqrom,”

Artinya : “Ya Allah bukakanlah hikmah-Mu kepadaku, bentangkanlah rahmat-Mu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemurahan.”

  • Doa Setelah Membaca Al Quran

Meskipun doa setelah membaca Al Quran ini relatif panjang, tetapi doa ini mudah dihafalkan oleh anak-anak sekalipun.

“Allahummarhamnii bilqur’an waj’alhulii imaamaawwanuuron wahudan warohmah, Allohumma dzakkirna minhumaa nasiitu wa’allimnii minhumaa jahiltu warzuqnii tilaa watahu aanaa allaili waathro fannahaar, Waj’alhulii hujjatan yaa Robbal ‘aalamiin.”

Artinya : “Ya Allah, romatilah aku dengan Al Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku cahayaku petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerakanlah kepadaku kesempatan membacanay pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam,”

  • Doa Agar Terpenuhi Hajat Dunia dan Akhirat

Semua orang pasti menginginkan sukses di dunia maupun di akhirat. Untuk mendapatkan keduanya itu memang tidaklah mudah, butuh perjuangan dan doa. Berikut doanya yang bisa anda baca :

“Allahummakfinii bihalalika ‘an haromika waghninii bifadzlika ‘amman siwak.”

Artinya : “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu, dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dari selain-Mu,”

  • Doa Naik Kendaraan Darat

Berikut doa naik kendaaran darat yang bisa anda baca :

“Subhaanalladzii sakhkhorolanaa hadzaa wamaa kunnaalahu muqriniina wainnaaa ilaa robbina lamunqolibun,”

Artinya : “Maha Suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami persekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami kembali kepada Tuhan kami.”

  • Doa Naik Kendaraan Laut

Berikut doa naik kendaaran laut yang bisa anda baca :

“Bismillaahi majrohaa wamursahaa inna robbi laghofuururrohiim.”

Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.”