Cara Membuat Bumbu Kacang

Pentol Tahu Bumbu Kacang

Kacang di Indonesia termasuk bahan yang mudah sekali untuk didapatkan. Tidak heran jika kacang banyak diolah menjadi berbagai makanan. Kacang juga macam-macam jenisnya. Ada kacang almond, kacang kedelai, kacang Panjang atau juga kacang tanah. Nah untuk membuat bumbu kacang biasanya dibutuhkan kacang tanah. Entah itu kacang tanah untuk siomay, kuah kupat tahu, bumbu kacang pecel, bumbu kacang batagor dan makanan lainnya. Nah bumbu kacang dalam setiap pendampingnya jika berbeda-beda proses pembuatannya. Jadi jangan sampai anda salah. Berikut berbagai cara membuat bumbu kacang.

  1. Bumbu Kacang Siomay Atau Batagor

Siomay dan batagor sebenarnya hampir mirip. Hanya saja batagor digoreng. Kemudian siomay dikukus saja. Nah dalam bumbu kacang kedua makanan ini sama. Berikut bahan-bahannya kacang tanah 500 gram, cabe keriting 15 buah, bawang merah 8 siung, bawang putih, santan kelapa kara 1 bungkus saja, garam, masako ayam dan gula merah 1 buah.

Cara membuat bumbu kacang ini adalah dengan menggoreng dahulu kacang tanahnya. Dalam menggoreng kacang tanah ada hal yang diperhatikan. Sebaiknya anda jangan goreng dalam api yang besar. Kacang tanah akan cepat gosong. Jadi goreng dalam api yang sedang saja. Kemudian goreng hingga kecoklatan muda. Lalu diamkan dulu dalam minyak baru diangkat. Setelah itu anda blender kacangnya tanpa air. Kemudian sisihkan dahulu. Sekarang haluskan cabe, bawang merah dan bawang putih dengan blender. Tumis kemudian dalam minyak panas sedikit saja. Setelah itu berikan air dan masukkan kacangnya. Selanjutnya beri garam dan masako ayam. Masukkan santan dan kemudian gula merahnya. Aduk-aduk hingga tercampur semuanya.

  • Bumbu Kacang Pecal

Dalam membuat bumbu kacang pecal ini bisa dibilang mudah sekali. Bahan yang anda butuhkan adalah kacnag tanah segenggam tangan, gula merah setengah, cabe pedas 3 atau 4 buah, bawang putih 1 buah, daun jeruk sedikit saja, kencur 1 buah, dan garam. Siapkan juga asam jawa 1 bungkus ynag dilarutkan dalam air hangat.

Cara membuat bumbu kacang pecal ini adalah dengan menyiapkan cobek. Setelah itu ulek cabe, bawang putih, kencur dan daun jeruk. Jangan lupa tambahkan garam. Setelah halus, masukkan kacang tanah yang sudah digoreng. Setelah itu ulek kacang tanah dan tambahkan gula merahnya. Diulek hingga halus, dan tambahkan dikit-dikit air asam jawanya. Ulek hingga mengental. Untuk mendaptkan tekstur bumbu kacang kental jangan menambahkan air asam jawanya banyak-banyak. Jadi harus dikit demi sedikit. Jika anda ingin membuat bumbu pecal yang tahan lama. Anda bisa memblender kacang tanah gorengnya dahulu. Kemudian taruh ditoples.

  • Bumbu Kacang Rujak buah

Pernahkah anda memakan bumbu kacang untuk rujak buah? Enak sekali lho rujak buah dengan bumbu kacang pedas. Nah bahan yang anda siapkan ada;an kacang tanah goreng secukupnya, gula merah, asam jawa, air, dan garam. Cabe pedas sesuai selera jangan lupa.

U;lek dahulu cabenya dengan garam. Kemduian ulek kacangnnya dan tambakan gula merahnya. Ulek dengan menambahkan air dan kemduian jika sudah halus. Anda tinggal menambahkan asam jawanya. Jika anda suka asam, tambahkan lumayan banyak. Bumbu kacang rujak buah ini juga bisa lho jadi cocolan makan cireng. Jadi rujak cireng, nah anda bisa simpan dalam kulkas akan tahan lama. Jadi bumbu rujak buah ini sangat banyak manfaatnya untuk teman makan apapun.