Penyebab Keputihan Putih Tekstur Menggumpal

Keputihan berwarna putih susu dan menggumpal mungkin akan berbahaya , lalu apa artinya jika area kewanitaan sampai mengeluarkan keputihan berwarna putih susu ? keputihan berwarna putih susu sebenarnya normal tetapi asalkan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. selama siklus haid berjalan ada kalanya organ keintiman mengeluarkan cairan bening berair dan konsistensi semacam ini muncul 

Ketika hormone estrogen lebih mendominasi dan pertanda inilah bahwa ovulasi sedang berlangsung. Namun , bisa saja dilain waktu konsistensi cairan organ keintiman bisa tampak seperti susu dikarenakan biasanya dialami oleh perempuan yang sedang hamil atau meningkat hasrat seksualnya . keputihan berwarna putih susu atau yang disebut dengan leukorea merupakan kombinasi dari cairan atau lendir dan sel sel tubuh serta fungsi cairan putih susu ini untuk melindungi vagina dari iritasi dan infeksi serta memang kadangkala leukorea yang muncul pada fase luteal atau tahap dari siklus haid dimana hormone progesterone sedang meningkat juga bisa Nampak kekuningan. 

Beberapa penyebab keputihan berdasarkan keadaan medis seperti Ovulasi Serviks dapat menghasilkan cairan yang konsistensi maupun warnanya sangat mirip putih telur . karena mampu membantu sperma mencapai sel telur dan tekstur cairan semacam ini memang sering dipakai sebagai tanda kalau seorang wnaita tersebut memang sedang suburnya. Tetapi meningkatnya kadar ekstrogen dapat membuat vagina mengeluarkan cairan putih susu yang mana baik untuk membantu proses pembuahan sperma terhadap sel telur dan bila kamu melihat keputihan berwarna putih susu dan sekitar 12-14 hari sebelum haid maka tanda ovulasi sedang berlangsung . 

Lalu Kehamilan Pada tahap awal kehamilan adalah keluarnya cairan putih susu akibat menebalnya dinding vagina . ketika waktu itu mungkin kita akan emnemukan adanya bercak darah diluar waktu haid disertai dengan kram implamantasi yang seringkali disalahartian sebagai nyeri datang bulan . dan leukorea yang muncul selama kehamilan merupakan normal dan pada umumnya mulai ada pada trisemester ke 2 dan konsistensinya semakin pekat sepanjang kehamilan untuk melindungi vagina dari infeksi . Tahukah kamu bahwa stress bisa menjadi keputihan abnormal ?

Yap, Stress juga menjadi penyebab keluarnya keputihan berwarna putih susu , para ahli menduga stress dapat meningkatkan produksi cairan putih vagina . dalam hal ini masuk akal apabila mengingat stress yang biasanya merangsang prosuksi hormone yang berpengaruh pada sistem imun serta siklus haid muncul keputihan berwarna putih susu .

Kemudian masa pada wanita yang sudah lanjut usia yaitu Menopause Keputihan yang berwarna putih susu ini salah satu gejala perimenopause atau masa yang terjadi sebelum menopause dan pada masa ini perubahan kadar hormone dalam tubuh akan membuat siklus haid menjadi tidak teratur . selain Menopause bisa juga dikarenakan siklus haid . Berbeda dengan penyebab lainnya siklus haid ini adalah wajar apabila terdapat cairan putih susu keluar sebelum atau setelah menstruasi dikarenakan terjadinya perubahan hormone . 

Selain faktor internal dari hormone ada jga faktor eksternal Penggunaan kontrasepsi Alat kontrasepsi memang banyak menimbulkan dampak bagi wanita , khusunya yang mempengaruhi kadar hormone dala tubuh juga bisa meningkatan jumlah cairan yang keluar dari vagina. 

Sumbegambar : healthline.com

Wajib Kamu Tahu, Inilah 9 Penyebab Keputihan