Memilih Bibit di budidayabibit.com

Bagi para pemula budidaya tanaman, tentu saja memilih bibit tanaman itu bukanlah hal yang mudah. Ya, hal itu juga dikarenakan faktor keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kita, dalam menentukan seperti apakah bibit buah unggul yang dapat menghasilkan buah berkualitas bagus. Bibit buah yang berkualitas itu tentunya sangat berpengaruh pada keberhasilan dalam membudidayakan, sebab bibit unggul dari tanaman mampu menciptakan tanaman buah yang berkualitas, sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih bibit unggul, sebelum mulai dalam membudidayakan tanaman buah. Salah satunya bisa membeli di grosir bibit yang terpercaya.

Lantas, bagaimanakah cara mengetahui mana bibit unggul dengan yang tidak? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Cermati Bagian Daunnya

Pada umumnya, bibit buah yang unggul itu bisa dilihat dengan jelas pada bagian daunnya lho. Saat anda akan memilih bibit tanaman buah, maka pilihlah bibit yang daunnya itu berwarna hijau cerah, serta bagian pucuknya yang memiliki warna hijau kemerah-merahan. Selain itu, anda juga harus mencermati kondisi daun secara keseluruhan, dan pastikan bahwa daunnya tidak ada bekas gigitan ulat maupun jenis hama lainnya. Disamping itu, bentuk daun yang bagus biasanya tidak akan menggulung atau mengkriting.

Hasil gambar untuk site:budidayabibit.com/

2. Cermati Bagian Batang Tanaman

Apabila anda sudah yakin dengan kondisi daunnya, maka tips kedua yang harus dilakukan dalam memilih bibit tanaman buah unggul, yakni dengan mencermati bagian batang tanamannya. Dalam hal ini, pastikan bahwa kondisi batang tanaman buah tersebut tidak ada bekas sambungan. Ya, batang tanaman buah yang bagus itu biasanya akan tegak lurus ke atas atau ke bawah, serta tidak ada bengkok. Tak hanya itu saja, disarankan juga bagi anda untuk memilih bibit tanaman yang sudah mempunyai cabang. Apabila pada batang tanaman tersebut terdapat jamur, sebaiknya anda jangan pilih. Sebab, bibit tanaman yang batangnya terdapat jamur itu tidak cocok untuk di budidayakan lho!

Sejatinya, batang tanaman yang normal itu akan ditandai dengan bentuk proposional, dengan batang utamanya yang tegak lurus dan tidak bengkok. Selain itu, bagian ujung rantingnya juga terlihat menguncup yang menandakan bahwa telah adanya pertumbuhan pada tanaman tersebut.

Hasil gambar untuk site:budidayabibit.com/

3. Jangan Lupa Untuk Memperhatikan Bagian Akarnya

Ini dia salah satu hal yang sering terlewatkan oleh para pembudiaya tanaman, dimana mereka jarang memperhatikan kondisi akar saat membeli bibit buah. Padahal, akar ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam menghasilkan buah berkualitas. Dalam hal ini, anda harus membongkar media tanam dan memperhatikan akar serabut pada tanamannya. Bibit buah yang berkualitas bagus, biasanya memiliki akar serabut yang sangat banyak serta dapat dilihat dengan jelas.   

4. Perhatikan Kondisi Buah

Tips berikutnya yang harus anda ketahui dalam memilih bibit unggul tanaman buah, yakni memperhatikan kondisi buahnya. Disini anda harus emmastikan bahwa kondiri buah yang tumbuh itu mempunyai ukuran yang normal, warna kulit yang cerah, serta cita rasanya yang sesuai dengan jenis buah tersebut. Apabila semua aspek tersebut sudah terpenuhi, maka bisa dipastikan bahwa bibit tanamn buah yang anda pilih itu adalah bibit unggul.

Itulah beberapa tips dalam emmilih bibit unggul tanaman buah. Nah, bagi anda yang sedang mencari grosir bibit online, silahkan kunjungi situs BudidayaBibit.com atau langsung menghubungi nomer berikut.

☎ 0812 3241 2221