Rumah Bawah Gala-Gala dan Tempat Unik Lainnya di Bali

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saja menyimpan kesan positif dan mendalam untuk objek wisata di Bali. Obama panggilan akrabnya sangat menikmati keindahan alam Bali dan mengapresiasi kebudayaan dan masyarakatnya yang ramah. Tak heran mengapa Bali di cintai oleh semua orang mulai dari turis mancanegara hingga wisatawan lokal karena pilihan transportasi yang mudah, tak hanya hotel atau resort mewah, hotel murah di Bali pun mudah ditemukan dan objek wisata yang kaya mulai dari Pantai, Gunung, peninggalan sejarah, dan objek wisata yang unik seperti destinasi wisata di bawah ini.

  • Desa Terunyan

wikipedia

Umumnya, orang yang meninggal akan dimakamkan dengan dikubur dengan menggunakan peti atau dibungkus dengan kain kafan. Ataupun dibakar dan abunya dibuang ke laut atau disimpan. Namun, di Desa Terunyan orang yang meninggal dunia digeletakkan begitu saja. Jenazah tersebut digeletakkan di atas tanah di area yang mereka sebut Kuburan Terunyan. Desa Terunyan berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Dari Denpasar kurang lebih dapat ditempuh dalam waktu dua jam lebih. Tradisi pemakaman ini sudah berlangsung sejak lama uniknya tidak ada bau busuk jika mayat sudah lama didiamkan. Hal ini dikarenakan ada sebuah pohon besar yang bernama Taru Menyan yang memiliki harum semerbak. DI bawah pohon-pohon inilah mayat diletakkan. Keunikan lain dari pohon ini yaitu Taru Menyan sudah tumbuh hampir seribu abad dan masih terus berkembang hingga sekarang dan tidak bisa tumbuh di daerah atau tanah lain kecuali di Terunyan. Unik bukan? Hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara ataupun lokal. Mereka yang datang bukannya seram tetapi mereka antusias dan banyak bertanya kepada warga setempat. Jenazah yang boleh dimakamkan di Kuburan Terunyan haruslah orang yang sudah menikah dan meninggal secara wajar. Keluarga atau kerabat yang ditinggalkan hanya perlu menyediakan pagar dari bambu dan sesajen. Jadi, tertarik untuk mengunjungi desa unik ini? Desa Terunyan pun dekat dengan objek wisata Danau Batur yang bisa sekalian kamu kunjungi. Pun begitu , hotel murah di Bali yang berada disekitaran Kintamani pun mudah ditemukan dari hanrga Rp200.000an.

  • Rumah Bawah Tanah Gala-Gala

otonomi.co.id

Jika kamu tahu dengan kisah pewayangan khususnya cerita Pandawa dan Kurawa istilah Gala-Gala pasti tidak asing lagi. Gala-Gala merupakan gua yang dibangun oleh Pandawa ketika sedang mengasingkan diri di hutan ketika kalah berjudi dari Kurawa. Cerita tersebut menginspirasi seorang dalang yang menekuni ajaran Hindu. Ia pun seorang petani dan penari. Adalah Made Byasa. Ia membuat gua dengan memahatnya sendiri dengan hanya berbekal palu dan pahat. Ia mulai membangun lorong pada 1961 dan rampung 15 tahun kemudian menjadi sebuah lorong yang bercabang dengan pintu masuk di barat daya. Di dalam gua ini terbagi lagi menjadi beberapa ruangan bahkan tingkat dua. Ada ruang untuk bermeditasi di bagian atas, ada ruanganyang seperti dapur karena ada batu yang menyerupai meja dan kursi batu yang melingkar dan juga ruang tidur. Gala-Gala memang dijadikan oleh sang pembuat sebagai tempat untuk meditasi. Jadi, tak heran jika suasana yang akan kamu rasakan saat berkunjung ke sini sunyi dan tenang. Bahkan, ada beberapa turis mancanegara yakni Jepang dan Rusia yang mencoba menginap selama seminggu. Dan mereka benar-benar merasakan ketenangan dan kenyamanan berada di dalam Ruang Bawah Gala-Gala yang berada di Pulau Nusa Lembongan. Agar lebih mudah, kamu dapat mengambil paket touring sekaligua saat kamu booking hotel murah di Bali. Untuk masuk lokasi Ruang Bawah Tanah Gala-Gala pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp20.000,-

  • Bali Seawalker

Stayhello.com

Libura murah ke Bali ternyata bukan suatu yang mustahil, kau dapat memilih maskapai penerbangan yang menyediakan harga ramah di kantong. Salah satunya bisa kamu dapatkan dari promo tiket pesawat Sriwijaya di Reservasi.com. Jadi, kamu dapat menghemat beberapa ratus ribu dan mengalokasinnya ke hiburan lainnya salah satunya menikmati langsung alam bawah laut tanpa takut dan tanpa sertifikat hanya dengan berjalan kaki. Ya, dengan berjalan kaki kamu sudah bisa berada di bawah laut dan melihat dari dekat terumbu karang dan ikan-kan yang akan mengelilingi badan kamu. Tempat untuk melakukan seawalker di Bali salah satunya berada di Tanjung Benoa dengan dana per orangnya Rp350.000 dalam waktu 20 hingga 30 menit. Untuk melakukan wahana berjalan di bawah laut ini, usia kamu minimal 12 tahun dan harus melihat video panduan terlebih dulu sebelum pergi ke tengah laut. Setelah melihat video dan tiba di tengah laut, kamu akan diberikan peralatan berupa helm kedap air, alat bantu pernafasan dan oksigen serta ditemani instruktur yang berpengalaman.

Jadi, weekend gateaway atau liburan akhir tahun sudah siap kan untuk mencoba hal unik di Bali? Sebelum kehabisan kamu dapat segera pesan promo tiket pesawat Sriwijaya di Reservasi.com. Lebih mudah dan murah!