PortExpert Handal untuk Memantau Komunikasi TCP dan UDP

PortExpert adalah aplikasi gratis yang dapat memberikan informasi berguna tentang semua komunikasi TCP, UDP yang terhubung ke sistem dan karenanya berguna untuk mengidentifikasi potensi ancaman.

Kita banyak mendengar cerita hacking, di mana jutaan komputer sedang dikendalikan oleh malware. Pemantauan lalu lintas TCP / UDP dapat membantu pengguna melindungi komputer dari ancaman aktif. Ia dapat memeriksa semua sambungan aktif yang mencoba untuk terhubung ke internet atau mengirim paket penerima.

PortExpert memeriksa TCP terbuka atau port UDP yang dapat digunakan oleh hacker untuk melakukan aktivitas berbahaya pada sistem. Seorang pengguna komputer harus memeriksa ancaman, virus atau port yang terbuka, dan mereka harus menjalankan scan secara tepat waktu untuk mendeteksi dan menghapus ancaman tersebut dari komputer mereka.

Ketika pengguna menjalankan PortExpert, akan terlihat daftar semua TCP atau UDP port yang aktif dan terhubung dengan alamat IP jarak jauhnya. Seorang pengguna dapat mengklik dua kali pada setiap sambungan aktif tersebut untuk menggali lebih lanjut dan mempelajari lebrh lanjut tentang hubungan itu. Opsi Freeze Time dapat digunakan lebih lanjut untuk menonaktifkan koneksi apapun.

Fitur whois ini dapat digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang lokasi alamat IP. Ini akan membuka situs whois.domamtools.com ketika alamat IP dipilih dari sambungan aktif. Dengan mengklik fitur Web Search, pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses saat itu yang sedang mengakses internet menggunakan koneksi aktif TCP / UDP.

Show System Process, adalah pilihan lain yang bisa digunakan untuk dapat memeriksa port yang aktif saat ini yang digunakan oleh file OS. Show Local Connection akan membuka koneksi port UDP aktif saat itu dan pengguna dapat memilih proses yang berjalan tersebut dan membaca informasi dasar tentang proses ID dan Protokol (TCP, UDP) digunakan untuk menghubungkan, alamat lokal dan alamat remote dengan nomor port.

Pengguna juga dapat memeriksa sambungan aktif menggunakan Windows built-in command line. Untuk melihat semua koneksi jaringan yang aktif, buka jendela command prompt, ketik netstat dan tekan Enter.

Perintah ini akan menampilkan koneksi TCP yang aktif dan port dengan nama komputer fisik. Jenis “netstat /?” untuk menampilkan daftar semua perintah bersama dengan uraian tugas.

Menggunakan “netstat -n” perintah akan menampilkan koneksi TCP dan port dengan alamat numerik atau IP bukan komputer atau layanan nama sebenarnya. “netstat -a” dan “netstat -b” adalah beberapa perintah lain yang dapat membantu pengguna untuk memeriksa berbagai sambungan aktif.

Bila Anda tertarik dengan PortExpert, bisa langsung men-downloadnya di http://www.kcsoft-wares.com/7portexpert