Cara Lari Pagi yang Baik dan Benar

Saat ini masyarakat cenderung mempunyai kebiasaan yang padat sekali dan kegiatan yang memakan waktu sehingga kesehatan tubuh pun kerap terlupakan. Akhirnya menderita sakit saat kondisi tubuh mulai lemah dan daya tahan tubuh menurun. Dalam kondisi seperti ini seseorang akan mengerti pentingnya olahraga. Lari pagi merupakan salah suatu jenis olahraga yang mempunyai multimanfaat atau multiguna. Namun, bagaimanakan cara lari pagi yang baik dan benar?

Lari merupakan olahraga ringan yang tidak membutukan peralatan rumit. Lari pagi bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa melihat usia, apakah usia muda atau tua. Manfaat lari pagi untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Lari pagi dapat menangkal depresi dan stres. Akan tetapi bila dilakukan sembarangan ada bahaya yang mengancam. Seperti apa cara lari pagi yang baik dan benar?

Berikut 6 cara lari pagi yang baik dan benar, diantaranya:

Jangan terlalu jauh

Lari pagi dengan menempuh jarak yang terlalu jauh kurang baik bagi kesehatan karena akan berpengaruh pada massa tulang si pelari.

Lari pagi secara teratur

Lari pagi atau jogging harus dilakukan secara teratur. Dengan teratur melakukan jogging hal ini akan berpengaruh pada tingkat kesehatan. Jogging juga bisa membuat sehat fisik dan mental bila dilakukan secara benar.

Rute dan sesi jogging

Jogging bisa dilalui dalam jarak panjang kira-kira 2-20 km pada kecepatan biasa atau jarak sekitar 3-6 km pada kecepatan tinggi.

Jogging dilakukan dengan gerakan lambat untuk beberapa ratus meter guna pemanasan otot. Setelah itu secara bertahap kecepatan bisa ditingkatkan. Apabila setengah rute sudah bisa terlewati maka lari bisa lebih dipercepat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Pakaian dan sepatu

Pakaian yang dikenakan jangan terlalu ketat supaya keringat bisa mengalir dan keluar dari badan Anda. Sepatu yang digunakan sebaiknya yang nyaman, lembut, dan tepat untuk ukuran kaki Anda.

Waktu dan intensitas jogging

Anda bisa melakukan jogging setiap dua hari sekali bila tak menjalankan olahraga yang lainnya. Kekerpan ini sudah memadai untuk menambah daya tahan tubuh dan stamina. Akan tetapi bila dipadukan dengan olahraga lainnya, maka jogging lebih baik dilakukan 2 kali dalam 1 minggu.

Memulai jogging

Untuk memulai jogging atau lari pagi sebaiknya kira-kira 10 menit terlebih dulu melakukan lari di tempat. Setelah terbiasa melakukan jogging baru ditambah waktu, jarak, dan kecepatannya.
Nah, itu tadi 6 cara lari pagi yang baik dan benar, semoga setelah mengetahui aturan yang sebenarnya Anda dapat benar-benar merasakan manfaat dari lari pagi.